Jam operasional terbatas.

Beranda » Artikel » Kuliah Teknologi Informasi Terbaik di Jawa Tengah Biaya Murah

Kuliah Teknologi Informasi Terbaik di Jawa Tengah Biaya Murah kuliah IT kuliah murah

Kuliah Teknologi Informasi Terbaik di Jawa Tengah Biaya Murah

Daftar isi

Ingin kuliah teknologi informasi terbaik di Jawa Tengah? Di Politeknik Nest aja! Fasilitas lengkap dan modern dengan biaya murah 99 rb / bulan selama masa promo! Lulusan jurusan teknologi informasi atau IT akan sangat dibutuhkan lho di masa depan, terutama di era Revolusi Industri 4.0 yang akan menyebabkan para pekerja digantikan dengan penggunaan mesin teknologi. Padahal menurut Kepala Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menyatakan Minimnya pekerja di sektor Informasi Teknologi dan Komunikasi (TIK). Ia menyebut di 2030 mendatang Indonesia bakal kekurangan 9 juta pekerja di bidang IT mengingat teknologi akan semakin berkembang di era industri 4.0. Sehingga lulusan teknologi informasi akan menjadi jurusan yang dibutuhkan di berbagai sektor industri. 

Kuliah Teknologi Informasi Jawa Tengah tidak hanya penting sebagai alat komunikasi via elektronik saja, melainkan merupakan perangkat penting yang seharusnya dimiliki dalam bisnis sebagai sarana untuk berkoordinasi dan pengarsipan dokumen-dokumen penting. Teknologi Informasi diterapkan guna untuk pengelolaan informasi yang pada saat ini menjadi salah satu bagian penting karena meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen, pengaruh ekonomi internasional (globalisasi), perlunya waktu tanggap (response time) yang lebih cepat, tekanan akibat dari persaingan bisnis.

 

Apa aja sih yang akan dipelajari jurusan Teknologi Informasi?

Kuliah Teknologi Informasi Jawa Tengah di Politeknik Nest akan lebih memperbanyak praktek 70% dan 30% teori. Program ini memiliki kurikulum dengan presentasi praktik lebih tinggi dibandingkan teori dan telah di sesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini. Proses pembelajaran juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung berupa laboratorium Komputer serta laboratorium jaringan yang di desain berstandar industry internasional sehingga menjadi kampus dengan jurusan Teknologi Informasi terbaik di Jawa Tengah dengan biaya yang murah.

Teknologi Informasi akan mempelajari segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar media. Teknologi Informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer). Fungsi dari teknologi informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia.

 

Fokus studi favorit jurusan Teknologi Informasi 

Untuk menjadi lulusan dari Kuliah Teknologi Informasi Jawa Tengah terbaik di bidang IT di politeknik kekinian Politeknik Nest Sukoharjo memiliki 6 fokus studi yang akan mempersiapkan lulusannya menjadi yang terbaik di bidang IT, diantaranya:

  1. Desain Analisis Sistem
  2. Konsep Teknologi Informasi
  3. Desain dan Analisis Sistem
  4. Konsep Basis Data
  5. Jaringan Komputer
  6. Komputasi Matematika

DAFTAR KULIAH MURAH

Prospek kerja Jurusan Teknologi Informasi dengan Pilar Utama Revolusi Industri 4.0

Kesempatan berkarir di jurusan Kuliah Teknologi Informasi Jawa Tengah sangatlah luas karena setiap perusahaan akan membutuhkan tenaga IT terutama di era revolusi industri 4.0. Mengutip dari situs Kementrian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) akan ada lima teknologi yang menjadi pilar utama dalam mengembangkan sebuah industri siap digital, diantaranya: 

Internet of Things

IoT merupakan konsep atau program yang menggunakan perangkat komputasi, mekanis, dan mesin digital dengan sistem (interrelated connection) yang berfungsi untuk melakukan komunikasi data tanpa memerlukan interaksi antar manusia. Sistem IoT menggunakan empat komponen, yaitu: perangkat sensor, konektivitas, pemrosesan data, dan antarmuka pengguna. Contoh aplikasi IoT di Indonesia: Gowes (IoT untuk bike sharing), eFishery (IoT pemberi pakan ikan otomatis), Qlue (IoT untuk smart city), dan Hara (IoT untuk pangan dan pertanian).

Big Data

Big Data merupakan proses yang terdiri dari volume data besar, baik terstruktur maupun tidak terstruktur dan biasanya digunakan untuk membantu kegiatan bisnis. 

Big data merupakan pengembangan dari sistem database pada umumnya dengan inovasi pada proses kecepatan, volume, dan jenis data yang tersedia lebih banyak dan bervariatif daripada DBMS (Database Management System). Big Data dapat dianalisis untuk pengambilan keputusan maupun strategi bisnis yang lebih baik. Penyedia Layanan Big Data Indonesia, antara lain:

  1. Sonar Platform;
  2. Paques Platform;
  3. Warung Data;
  4. Dattabot.

 

Artificial Intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan layaknya manusia dan bisa diatur sesuai keinginan manusia. AI bekerja dengan mengumpulkan berbagai data, pemasangan jaringan, dan pengembangan algoritma dari kecerdasan buatan. Semakin banyak data yang diterima dan dianalisis, semakin baik pula AI dalam membuat prediksi. contoh penerapan AI adalah aplikasi chatbot dan pengenalan wajah (face recognition).

 

Cloud Computing 

Cloud Computing atau Komputasi Awan adalah teknologi yang menggunakan internet sebagai pusat pengelolaan data dan aplikasi, dimana pengguna komputer diberikan hak akses (login) menggunakan cloud dan memungkinkan para penggunanya menyimpan file dan aplikasi dari server jarak jauh. Contohnya, hosting situs web berbentuk server virtual. Ada tiga jenis model layanan dari komputasi awan, yaitu:

  • Cloud Software as a Service (SaaS),

layanan untuk menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh infrastruktur cloud;

  • Cloud Platform as a Service (PaaS),

layanan untuk menggunakan platform yang telah disediakan, sehingga pengembang hanya fokus pada pengembangan aplikasi;

  • Infrastructure as a Service (IaaS),

layanan untuk menggunakan infrastruktur yang telah disediakan, dimana konsumen dapat memproses, menyimpanan, berjaringan, dan memakai sumber daya komputasi lain yang diperlukan oleh aplikasi. Produk-produk cloud computing di Indonesia:

  1. K-Cloud;
  2. CloudKilat;
  3. Dewaweb;
  4. IDCloudHost;
  5. FreeCloud.

Additive Manufacturing

Additive manufacturing merupakan inovasi terbaru di industri manufaktur dengan memanfaatkan mesin pencetak 3D atau bisa disebut juga 3D printing. Teknologi additive manufacturing memproduksi barang-barang dengan bentuk yang lebih unik dari gambar desain digital diwujudkan menjadi benda nyata dengan ukuran dan bentuk yang sama dengan desain sebenarnya atau dengan skala tertentu. Teknologi additive manufacturing mampu memproduksi lebih banyak desain dan memproduksi barang yang tidak bisa dibuat dengan teknologi manufaktur tradisional.

Bagikan Artikel:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kami Tetap Buka Selama Pandemi
Tetap Jalankan Prokes Demi Keamanan Bersama

Jam Operasional: 09.00WIB - 17.00WIB