Kuliah Sambil Kerja dengan Biaya Terjangkau di Kampus Kekinian

Kuliah Sambil kerja dengan biaya terjangkau bisa menjadi solusi buat Anda. Apalagi bisa memilih program studi atau jurusan favorit yang sedang banyak dibutuhkan lulusannya oleh industri di era modern seperti sekarang ini.

Melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dapat meningkatkan nilai diri di mata perusahaan. Karena inilah banyak karyawan memutuskan untuk kuliah sambil kerja.

Sayangnya, biaya kuliah sambil kerja (kelas karyawan) di mayoritas perguruan tinggi cukup mahal karena calon mahasiswa dianggap sudah mampu membayar kuliah sendiri. Padahal, para calon mahasiswa yang sudah bekerja ini justru memiliki banyak prioritas yang harus dipenuhi.

Selain memenuhi kebutuhan dirinya, tak jarang sebagian lainnya harus ikut serta memenuhi kebutuhan keluarganya.

Kabar baiknya, Politeknik Nest mau membantu meringankan serta mendukung Anda yang ingin terus belajar melalui program kuliah sambil kerja yang pastinya terjangkau.

Kampus Kekinian yang Bisa Kuliah Sambil Kerja

Politeknik Nest adalah salah satu penyelenggara perkuliahan dengan tempat kekinian. Desain tempat kuliah tidak hanya baru dan kekinian, tetapi juga terdapat area kumpul yang sejuk dan rindang sehingga membuat aktivitas belajar lebih nyaman.

Selain kampus yang kekinian, Politeknik Nest dikenal sebagai salah satu penyelenggara perkuliahan yang terjangkau untuk para pekerja yang ingin melanjutkan pendidikan demi mendukung kesuksesan karir di masa depan.

Kampusnya sangat menyesuaikan zaman karena menggandeng sistem hybrid yang menggabungkan pembelajaran praktek 70% dan teori 30%.

Dengan adanya kelas online menunjukkan komitmen Politeknik Nest dalam menjamin fleksibilitas perkuliahan yang memang dikhususkan bagi Anda yang memiliki kesibukan padat namun tetap ingin mengemban ilmu di perguruan tinggi.

Pengadaan pendidikan ini merupakan solusi tepat dalam mendukung upaya pemerintah mewujudkan pemerataan hak pendidikan yang terjangkau dan praktis, namun tetap fleksibel.

Terapkan Kupon POLNEST kamu dapat diskon pendaftaran sebesar Rp100 ribu

Jurusan Kuliah Sambil Kerja

Pada 2022, Politeknik Nest sudah membuka program studi kekinian yang menyesuaikan kebutuhan industri di era modern.

Ini dia beberapa pilihan program studi unggulan yang ada di kampus kekinian Politeknik Nest.

1. D3 Hospitality (Perhotelan)

Mahasiswa Politeknik Nest akan dibantu menjadi tenaga kerja profesional di industri perhotelan serta wirausaha melalui serangkaian mata kuliah Hospitality. Kegiatan juga didukung dengan fasilitas yang lengkap.

Politeknik Nest memiliki kerja sama dengan beberapa hotel ternama yang siap menerima lulusan terbaik dari jurusan Perhotelan Politeknik Nest.

Kesempatan berkarir mencakup banyak bidang, seperti Hotel Manajer, Executive Chef, Food & Beverage Manager, Wedding Organizer, Receptionist, Customer Services, Project Executive, dan masih banyak lagi.

2. D3 Culinary Art (Seni Kuliner)

Culinary Art merupakan salah satu jurusan yang mempelajari komponen makanan hingga proses memasak lengkap dengan teknik penyajian makanan yang menarik. Program dan fasilitas yang disediakan dapat memberikan pengalaman nyata dalam pembelajaran.

Program perkuliahan ini akan membantu mewujudkan impian Anda untuk menjadi seorang wirausaha ataupun profesional dalam bidang industri kuliner. Seperti Head Chef, Personal Chef, Manajer Food, Consultant Food, Stylist Baker, dan masih banyak lagi pilihan karir menarik lainnya.

3. D3 DKV (Desain Komunikasi Visual)

DKV merupakan program studi yang menggabungkan mata kuliah desain dengan konsep komunikasi kreatif melalui media. Proses pembelajaran Politeknik Nest DKV telah didukung dengan fasilitas laboratorium komputer dan jaringan yang berstandar industri internasional.

Pelaksanaan praktiknya lebih tinggi dibandingkan teori agar Anda siap menghadapi industri kerja sesungguhnya.

Peluang karir yang bisa diraih pun sangat beragam, yakni Graphic Designer, Video Editor, Illustrator, Visual Designer, Animator, Art Director, dan lainnya dalam industri kreatif.

4. D3 TI (Teknologi Informasi)

Dalam jurusan TI, mahasiswa akan diajari mulai dari perancangan, pengimplementasian, konfigurasi hingga perawatan infrastruktur iptek yang dibutuhkan di banyak perusahaan.

Untuk menjadikan Anda seorang lulusan TI yang unggul, ada banyak kegiatan program studi keren yang menanti. Sementara untuk lulusannya berpotensi masuk dalam beberapa jalur karir, seperti Software Developer, IT Support Analyst, IT Consultant, System Analyst, dan Network Engineer.

Biaya Kuliah Sambil Kerja

Kuliah dengan fasilitas kampus kekinian di Politeknik Nest menawarkan biaya yang bersahabat untuk Anda yang bekerja sambil membangun rencana finansial pribadi. Selama masa pandemi Anda hanya perlu membayar Rp99 ribu saja per bulannya untuk biaya SPP selama masa promo saja. Amat terjangkau untuk sekelas perguruan tinggi dengan fasilitas yang terjamin standar industri.

Bahkan, jika boleh dibandingkan, mungkin lebih murah daripada biaya token listrik di rumah. Tidak heran Politeknik Nest masuk ke dalam salah satu lembaga pendidikan termurah dengan sistem yang disesuaikan dengan lifestyle zaman sekarang yang serba digital.

Bagaimana Cara Kuliah Sambil Kerja

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, kini siapa saja bisa kuliah sambil kerja. Nah, sekarang pertanyaannya, bagaimana cara memulainya? Simak selengkapnya informasi berikut sebagai petunjuk untuk mulai kuliah sembari mengejar karir.

1. Perhatikan Jenis Pekerjaan yang Sedang Dijalani

Sebelum mendaftar kuliah, hal pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu apa yang diinginkan dari hasil belajar selama kuliah.

Kuliah bukanlah pelatihan atau kursus yang selesai dalam beberapa minggu. Untuk menyelesaikannya, dibutuhkan konsistensi tinggi. Minat dan tujuan yang jelas sangat menentukan komitmen diri. Maka dari itu, penting untuk melihat keterkaitan antara pekerjaan sekarang dengan jurusan yang akan diambil di perkuliahan.

Pastikan jurusan tersebut menunjang karir di masa depan. Namun, mengambil jurusan yang sama sekali berbeda pun tidak masalah. Misalnya, ilmu tersebut untuk mendukung bisnis yang sedang Anda jalani.

Semuanya dapat dikembalikan kepada niat dan tujuan Anda. Apakah ilmunya akan digunakan sebagai penunjang karir atau sebagai modal awal membangun karir yang baru di masa mendatang.

2. Mengetahui Rekap Jadwal Jam Kerja

Setelah itu, Anda harus mencari tahu jadwal pasti pekerjaan yang sedang Anda jalani. Bila Anda bekerja dari pagi hingga sore, Anda bisa mengambil kelas khusus karyawan pada malam hari atau hari libur.

Bila berlaku sistem shift di tempat Anda bekerja, Anda bisa mengambil shift sore atau malam agar bisa mengambil kelas reguler. Atau, Anda dapat mencari pekerjaan dengan sistem WFH (Working From Home) selamanya, sehingga tidak terlalu lelah melanjutkan sesi belajar di kelas malam.

3. Mendapat Izin dari Perusahaan

Beberapa perusahaan melarang para pekerjanya untuk kuliah sambil kerja. Bukan tanpa alasan, biasanya dikarenakan takut mengganggu fokus bekerja. Namun, tidak jarang beberapa perusahaan lainnya justru mewajibkan karyawannya untuk melanjutkan pendidikan tinggi.

Bila perusahaan Anda tidak memiliki masalah dengan hal tersebut, mintalah keterangan resmi bahwa perusahaan mengizinkan Anda kuliah di luar jam kerja.

4. Mengatur Ulang Finansial

Selain membutuhkan biaya, kuliah juga membutuhkan banyak energi karena otak dan tubuh kita dipaksa untuk bekerja pagi sampai malam.

Demi menjaga kesehatan tetap bugar, Anda harus menambahkan budget untuk membeli makanan lebih serta suplemen ke dalam budget bulanan.

5. Mencari Tempat Kuliah yang Tepat

Terakhir adalah mendaftar di tempat kuliah yang mendukung program perkuliahan online yang didesain khusus untuk karyawan. Pastikan kampus tersebut memiliki kegiatan yang jelas dengan fasilitas yang menunjang jurusan serta didukung dengan lingkungan baru dan nyaman.

Kemudian, pertimbangkan perihal biaya perkuliahan. Anda harus memastikan berapa jumlah SPP setiap bulannya. Apakah penghasilan Anda cukup untuk menutupi biaya tersebut atau tidak.

Nah, program kuliah di Politeknik Nest akan mewujudkan impian Anda yang ingin kuliah walaupun sedang bekerja.

Tips Sukses Kuliah Sambil Kerja

Untuk mendapatkan hasil terbaik di tengah kesibukan aktivitas bekerja, Anda harus berkomitmen dengan melakukan tindakan nyata, seperti.

1. Atur Ulang Skala Prioritas serta Waktu dengan Bijak

Yang pertama adalah mengatur ulang skala prioritas. Apabila sebelumnya Anda memprioritaskan hal yang membuat Anda rileks setelah bekerja, maka prioritas terbaru yang harus dilakukan sehabis bekerja adalah belajar.

Namun, bukan berarti prioritas ini akan merenggut semua kesenangan yang telah Anda miliki. Anda masih tetap bisa menikmati hobi dan hiburan, dengan syarat memprioritaskan pekerjaan dan perkuliahan terlebih dahulu. Semuanya tergantung dari bagaimana cara mengelola waktu.

2. Buat Perencanaan Strategi Belajar

Sebelum kelas dimulai, ada baiknya membuat perencanaan belajar yang efektif. Mulailah dengan menelepon pihak penyelenggara perkuliahan mengenai durasi kelas, sistem pengumpulan tugas, dan lain-lain terkait sistem pembelajaran.

Setelah itu, Anda bisa membuat jadwal perencanaan kapan harus belajar materi baru, kapan harus mengulang pelajaran hingga menentukan jadwal untuk melakukan analisis studi kasus. Begitu perkuliahan pertama dimulai, Anda tinggal menjalankan strategi seperti yang sudah direncanakan.

3. Melakukan Self Study

Sebelum kelas dimulai, perkaya diri Anda dengan fundamental materi yang akan diajarkan. Semisal, kelas pertama akan dimulai dengan membahas materi tentang Dasar-dasar Desain Grafis. Sediakan seikit waktu untuk membaca artikel atau menonton video tentang materi tersebut.

Selalu biasakan diri Anda untuk belajar mandiri sebelum kelas dimulai. Dengan begitu, Anda dapat memahami materi lebih mudah.

Tidak perlu mempelajari banyak hal yang memakan waktu. Anda bisa mengambil beberapa poin pentingnya saja.

4. Mencari Beasiswa Kuliah Sambil Kerja

Walaupun mampu membayar kuliah, tidak ada salahnya mencoba mencari beasiswa. Ada banyak kategori beasiswa yang bisa Anda dapat. Apabila  berhasil, tentu saja ini akan menjadi pemicu semangat karena Anda dapat belajar secara gratis. Sehingga, budget kuliah bisa dialihkan ke hal lainnya.

5. Rajin Mengembangkan Diri dan Relasi Selama Kuliah

Tips sukses kuliah selagi bekerja lainnya adalah rajin mengembangkan diri dan berelasi dengan jejaring kampus.

Poin ini sangat penting untuk memaksimalkan pengalaman belajar. Walaupun sibuk, sediakan waktu untuk mengembangkan diri. Anda bisa membentuk ruang diskusi pada saat jam makan siang dengan teman sekelas.

Untuk pilihan yang lebih fleksibel, Anda bisa menambah wawasan dengan menonton video terkait dengan implementasi materi belajar.

Selagi sibuk mengembangkan diri, jangan lupakan kesempatan menjalin networking. Anda bisa membangun relasi dengan teman dari jurusan lain yang memiliki latar belakang pekerjaan atau pengalaman yang Anda minati.

Ikuti tips tadi untuk meraih kesuksesan dalam menjalani perkuliahan di tengah kesibukan memenuhi tanggungjawab pekerjaan.

Jadi, tidak perlu ragu kuliah sambil kerja. Justru, langkah ini dapat mendorong Anda meraih kesuksesan karir di masa depan. Selain itu, Anda bisa mendapatkan pengalaman serta relasi baru sehingga proses belajar jadi lebih seru dan berkesan.

Terlebih lagi jika kuliahnya di Politeknik Nest, kampus kekinian dengan sistem belajar Hybrid Learning kombinasi online dan offline. Fasilitas yang tersedia pun sangat lengkap dan fleksibel.

Nah, selagi masih promo, SPP program kuliah sambil kerja selama pandemi hanya Rp99 ribu saja per bulannya. Manfaatkan kesempatan ini untuk mewujudkan keinginan Anda terus upgrade diri demi masa depan yang lebih cerah.