Kampus Politeknik Teknologi Informasi di Sukoharjo Jawa Tengah

Politeknik IT Jawa Tengah Kampus Politeknik Teknologi Informasi di Sukoharjo Jawa Tengah

Kuliah teknologi di jurusan kekinian Teknologi Informasi di Politeknik IT Jawa Tengah. Politeknik Nest Adalah salah satu Kampus Politeknik Teknologi Informasi di Sukoharjo Jawa Tengah, Pilihan yang Tepat Untuk Kamu yang Ingin Kuliah D3 Teknologi Informasi.

Jurusan Teknologi Informasi terutama lulusan Politeknik IT Jawa Tengah akan sangat dibutuhkan lho di masa depan, terutama di era Revolusi Industri 4.0 yang akan menyebabkan para pekerja digantikan dengan penggunaan mesin teknologi. Padahal menurut Kepala Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid menyatakan Minimnya pekerja di sektor Informasi Teknologi dan Komunikasi (TIK).

Arsjad Rasjid menyebut di 2030 mendatang Indonesia bakal kekurangan 9 juta pekerja di bidang IT mengingat teknologi akan semakin berkembang di era industri 4.0. Sehingga lulusan teknologi informasi akan menjadi jurusan yang dibutuhkan di berbagai sektor industri.

Manfaat Kuliah Teknologi Informasi  di Kampus Politeknik TI di Sukoharjo Jawa Tengah

Teknologi informasi tidak hanya penting sebagai alat komunikasi via elektronik saja, melainkan merupakan perangkat penting yang seharusnya dimiliki dalam bisnis sebagai sarana untuk berkoordinasi dan pengarsipan dokumen-dokumen penting. Teknologi Informasi diterapkan guna untuk pengelolaan informasi yang pada saat ini menjadi salah satu bagian penting karena meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen, pengaruh ekonomi internasional (globalisasi), perlunya waktu tanggap (response time) yang lebih cepat, tekanan akibat dari persaingan bisnis.

DAFTAR KULIAH MURAH

Jurusan TI mempelajari apa aja sih?

Kuliah Teknologi Informasi di Politeknik IT Jawa Tengah, Politeknik Nest akan lebih mengutamakan praktek 70% dan 30% teori. Program ini memiliki kurikulum dengan presentasi praktik lebih tinggi dibandingkan teori dan telah di sesuaikan dengan kebutuhan industri saat ini.

Teknologi Informasi akan mempelajari segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, pengelolaan dan penyampaian atau pemindahan informasi antar media.

Teknologi Informasi adalah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer).

Fungsi dari teknologi informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia.

Proses pembelajaran juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung berupa laboratorium Komputer serta laboratorium jaringan yang di desain berstandar industry internasional sehingga jurusan yang prospeknya sangat dicari ketika lulus dari Kampus Politeknik Teknologi Informasi di Sukoharjo Jawa Tengah, Politeknik Nest.

Sistem pembelajarannya gimana?

Sistem pembelajaran di Politeknik IT Jawa Tengah, Politeknik Nest sudah kekinian dengan metode hybrid learning atau gabungan dari kelas online dan offline, sehingga mahasiswa bias berkuliah online tanpa harus dating ke kampus, melainkan praktek langsung di industry kota domisili mahasiswa.

Kampus Politeknik Teknologi Informasi di Sukoharjo Jawa Tengah, Politeknik Nest menggunakan praktek langsung di Industri dan mendukung program dari Mentri Pendidikan Mas Nadiem Makariem yaitu MBKM atau mahasiswa bebas belajar langsung di Industri selama satu sampai dua semester.

Pilihan Fokus Studi Kekinian jurusan IT

Untuk menjadi lulusan terbaik di Kampus Politeknik Teknologi Informasi di Sukoharjo Jawa Tengah, Politeknik Nest memiliki 6 fokus studi yang akan mempersiapkan lulusannya menjadi yang terbaik di bidang IT, diantaranya:

  1. Desain Analisis Sistem

  2. Konsep Teknologi Informasi

  3. Desain dan Analisis Sistem

  4. Konsep Basis Data

  5. Jaringan Komputer

  6. Komputasi Matematika

PRAKTEK LANGSUNG DI INDUSTRI

Kampus Politeknik Teknologi Informasi di Sukoharjo Jawa Tengah, Politeknik Nest memiliki kerjasama dengan banyak industry baik di area kampus maupun di area mahasiswa berada. Industri yang sudah bekerjasama akan menjadi tempat praktek langsung untuk mahasiswa, sehingga ketika On The Job Training mahasiswa tidak perlu mencari tempat magang sendiri tetapi juga diperbolehkan apabila ingin memilih tempat magang sesuai dengan inisiatif mahasiswa.

Keuntungan praktek langsung di Industri selain membuat mahasiswa sudah siap bekerja karena seringnya praktek langsung di Industri juga sebagai langkah awal untuk karir mahasiswa, karena ketika praktek di Industri dengan semangat dan giat perusahaan akan lebih memilih dari mahasiswa yang sudah pernah magang untuk direkrut menjadi karyawan atau staff di industry tersebut.

Prospek kerja Jurusan Teknologi Informasi dengan Pilar Utama Revolusi Industri 4.0

Kesempatan berkarir setelah lulus dari Politeknik IT Jawa Tengah, Politeknik Nest sangatlah luas karena setiap perusahaan akan membutuhkan tenaga IT terutama di era revolusi industri 4.0. Mengutip dari situs Kementrian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) akan ada lima teknologi yang menjadi pilar utama dalam mengembangkan sebuah industri siap digital, diantaranya:

  1. Programmer

Programmer menjadi pilihan profesi yang paling banyak diambil oleh para lulusan IT apalagi di zaman digital saat ini.  bisa memulai karir sebagai junior programmer terlebih dahulu. Jika sudah berpengalaman, karir Kamu akan semakin meningkat hingga ke tingkat manajer.

  1. System Analyst

System analyst memiliki tugas utama menganalisis sistem yang akan dipakai di sebuah perusahaan sesuai dengan kebutuhan. Kegiatan system analyst meliputi penelitian, perencanaan, pengkoordinasian, dan pemilihan perangkat lunak. System analyst akan bekerja berdampingan dengan programmer.

  1. Software develpoper

Software engineer tugas utamanya hampir sama dengan programmer dan system analyst. Dengan demikian, Kamu butuh menguasai kemampuan programming untuk berkarir sebagai software engineer.

  1. IT Consultant

Tugasnya utamanya memang membutuhkan pengalaman yang cukup panjang, dan Profesi ini bertugas memberi ide untuk klien mengenai penggunaan teknologi informasi agar bisa memenuhi target bisnis mereka.

  1. Web designer

Web designer memiliki tugas utama yaitu merancang tampilan sebuah website dan akan bekerja berdampingan dengan web programmer. Kamu perlu memastikan tampilan website yang Kamu buat itu menarik dan tidak membingungkan.

  1. Database engineer

Database engineer memiliki tugas utama untuk merancang dan memonitor database kompleks. Selain itu Kamu yang memilih karir sebagai database engineer juga bertugas melakukan manajemen data perusahaan.

DAFTAR KULIAH MURAH